Gunungsitoli (24/07/2024) Bunda PAUD Kota Gunungsitoli Ny. Veny Sowa’a Laoli didampingi Ketua Pokja PAUD Kota Gunungsitoli Ny. Sertini Arham Dusky Hia mengunjungi serta meninjau secara langsung bagaimana keadaan sekolah, peserta didik bersama seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di SD Negeri 078453 Gawu-Gawu Bo’uso, Rabu (24/07/2024).

Bunda PAUD Kota Gunungsitoli saat melakukan kunjungan ke SD Negeri 078453 Gawu-Gawu Bo’uso menyampaikan bahwa kunjungan Bunda PAUD dilakukan dalam  menyukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dalam menjalankan program untuk menyediakan sistem pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak Paud, TK, SD kelas 1 dan 2.

“Tahun lalu, gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan telah disosialisasikan, dan tahun ini 2024, Bunda PAUD langsung meninjau apakah gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan sudah terlaksana dengan baik” katanya.

Bunda PAUD menyampaikan bahwa gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan terdapat 3 (tiga) target perubahan yaitu meniadakan tes calistung (baca tulis dan hitung) saat penerimaan siswa baru, menerapkan masa pengenalan lingkungan sekolah selama 2 (dua) minggu dan menerapkan metode pembelajaran yang membangun 6 (enam) fondasi anak, yaitu Mengenal nilai agama dan budi pekerti; Keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi; Kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar; Kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar; Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpatisipasi di lingkungan belajar secara mandiri dan pemaknaan belajar adalah suatu hal yang menyenangkan dan positif.

“Mari kita sukseskan bagaimana agar anak-anak didik kita senang ke sekolah, mau ke sekolah dan bahagia di sekolah. Jangan sampai ada anak yang tidak mau ke sekolah hanya karena tertekan karena tugas dan sebagainya. Kami dari Pemko Gunungsitoli melalui Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli, gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan akan menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga transisi dari PAUD bisa diterima oleh anak didik kita,” sambungnya.

Di akhir arahannya, Bunda PAUD berharap kepada bapak/ibu guru untuk tetap meningkatkan kualitas pendidik agar mutu pendidikan di SD Negeri 078453 Gawu-Gawu Bo’uso semakin meningkat sehingga anak-anak didik mampu dan siap bersekolah, siap berkembang dan siap berperan di masa depannya.

Untuk informasi, Gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan akan dilaksanakan minggu ini, antara lain SD Negeri 070999 Tarakhaini dan SD Negeri 074046 lolomoyo. Turut hadir Orang tua siswa, Pengawas Sekolah, Seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta tim dari Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli.

(Press Release No.168/PR-Diskominfo/2024 tanggal 24 Juli 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini