Gunungsitoli (5/4/2024), Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S.E., M.Si secara resmi membuka Kegiatan Pembekalan Minat dan Bakat Bidang Akademik, Kesamaptaan, Olahraga dan Psikologi Jenjang SMP se-Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Tahun 2024, bertempat di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli, Jumat (5/4/2024).

Wali Kota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam mewujudkan tujuan bernegara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berprestasi sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki siswa.

“Kepada para orangtua siswa, kami berharap agar turut mendukung program ini. Mari, beri semangat dan kesempatan kepada anak-anak kita untuk mengikuti kegiatan ini. Tidak semua anak-anak mendapat kesempatan seperti ini. Diagnosa menunjukkan bahwa anak-anak kita ini mempunyai kemampuan lebih dalam bakat dan minat sehingga diperlukan tindak lanjut untuk mengarahkannya. Kerjasama yang baik dibutuhkan demi masa depan anak-anak kita,” pungkas Wali Kota.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Drs. Arham Dusky Hia, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya dalam menjaring peserta didik yang karena prestasinya dikelompokkan dalam satu kelas khusus. Selanjutnya, mereka akan menerima sistem pembelajaran dengan menerapkan kurikulum plus ditambah pendalaman materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, serta beberapa ekstra kurikuler untuk mengembangkan minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki dengan harapan pembelajaran dapat memudahkan dalam membina dan mengembangkan kecerdasan, keterampilan, kemampuan, bakat, minat, sikap dan perilaku peserta didik sehingga memiliki indikator prestasi yang tinggi dan berdaya saing untuk masuk ke sekolah favorit di jenjang yang lebih tinggi.

Kegiatan pembekalan minat dan bakat tahun 2024 ini memasuki Angkatan ke-III, dimana dua angkatan sebelumnya dipusatkan di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Kecamatan Gunungsitoli dan pesertanya saat ini sudah berada di kelas 8 dan 9 berjumlah 64 orang. Sedangkan, untuk Angkatan ke-III kegiatan dipusatkan di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dengan mengambil lokasi UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi. Peserta kegiatan adalah peserta didik kelas 7 berjumlah 32 orang, berasal dari 5 SMP Negeri dan 1 SMP Swasta yang ada di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Seluruh peserta merupakan hasil seleksi perangkingan nilai rapor semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan sore hari dan diperkirakan berlangsung hingga bulan November tahun 2024 mendatang. Selama pelaksanaan kegiatan, peserta didik akan dibimbing dan diarahkan oleh guru dan instruktur yang diangkat dan ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli,” tandasnya mengakhiri.

(Press Release No. 069/ PR-Diskominfo/2024 tanggal 05 April 2024)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini