Gunungsitoli (05/12/2022) Pemko Gunungsitoli melalui Dinas P5A (Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kota Gunungsitoli, menyelenggarakan lomba maena KIE berbasis kesenian tradisional budaya Nias. Peserta lomba masing-masing berjumlah 22 orang tiap kecamatan dengan total keseluruhan 132 orang dari 6 (enam) kecamatan, bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jumat (02/12/2022).

Wali Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Oimonaha Waruwu dalam arahannya menyampaikan salah satu strategi dan intervensi yang diinisiasi oleh Dinas P5A yaitu kampanye publik melalui kesenian tradisional budaya Nias dalam hal ini lomba antar kecamatan se-Kota Gunungsitoli.

“Kita berharap pesan-pesan kesehatan yang disampaikan lewat syair lagu maena ini, dapat meningkatkan pengetahuan yang diwujudkan dalam bersikap dan berperilaku hidup sehat baik di dalam keluarga maupun kehidupan bermasyarakat”

“Saya mengucapkan selamat mengikuti lomba kepada peserta dari seluruh kecamatan. Lomba pasti ada menang, ada kalah itu hal yang biasa yang harus disikapi dengan bijaksana. Siapapun kecamatan yang menjadi pemenangnya kita tetap satu Gunungsitoli,” ujar Sekda

Sebelumnya, Kepala Dinas P5A Soginoto Dachi, S.Pd, SKM, MM, M.Kes dalam laporannya menjelaskan media KIE adalah sarana, media atau saluran untuk menyampaikan pesan dan gagasan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada khalayak. Salah satu strategi dan intervensi bidang perubahan perilaku dan pendampingan keluarga yaitu melaksanakan kampanye publik terkait percepatan penurunan stunting di Kota Gunungsitoli yaitu “Lomba Maena Berbasis Kesenian Tradisional dan Kearifan Lokal”. Dari lomba yang dilaksanakan akan diambil 6 (enam) pemenang dan setiap pemenang berhak memperoleh uang pembinaan dan sertifikat.

Turut hadir Asisten Asisten Setda dan Sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemko Gunungsitoli, Ketua TP-PKK Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro Zebua, dan para peserta.

(Press Release No. 190/PR-Diskominfo/2022 Tanggal 05 Desember 2022)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini