Salah satu strategi Pemko Gunungsitoli dalam meningkatkan usaha – usaha peningkatan ekonomi masyarakat di bidang Pertanian dan Perkebunan, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian adalah dengan Program Penyediaan dan Pengembangan Sarana Pertanian melalui pegembangan Budidaya Porang dan Budidaya Pinang Batara.


Pengembangan Budidaya Porang dan Budidaya Pinang Batara dilaksanakan oleh Bidang Tanaman Pangan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli ini, dengan kegiatan pengadaan Bibit Porang dan Pengadaan Buah Pinang Batara.


Secara teknis budidaya, Bibit Porang yang telah diadakan dibudidayakan sesuai dengan jadwal pelaksanaan kegiatan pada lahan seluas 1 Ha dengan tujuan tersedianya sumber Bibit Porang bagi masyarakat Kota Gunungsitoli yang membutuhkan.
Sedangkan Buah Pinang Batara yang telah diadakan dipersiapkan secara budidaya sebagai Bibit Pinang dengan tujuan untuk adanya sumber Bibit Pinang Batara yang akan didistribusikan kepada masyarakat petani sesuai dengan persyaratan yang telah yang telah ditetapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli.


Pengembangan Budidaya Porang dan Budidaya Pinang Batara berdasarkan perencanaan dilaksanakan pada lahan Pemerintah Kota Gunungsitoli yang berlokasi di Kecamatan Gunungsitoli Utara (tepatnya dikawasan Kantor Kecamatan Gunungsitoli Utara) seluas 30.000 m².


Persiapan pembukaan dan pengolahan lahan seluas 30.000 m² untuk Budidaya Porang dan Pinang Batara oleh Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura telah di mulai sejak Bulan Maret 2022 dan selesai pada Mei 2022 bekerjasama dengan UPT Peralatan Dinas Pekerjaan Umum (PUPR) dan Masyarakat Lokal.


Sampai dengan bulan Agustus 2022 kegiatan Penanaman Bibit Porang untuk 1 Ha telah terlaksana dan dengan mempedomani teknis budidaya sembari memperhatikan kondisi cuaca, tekstur tanah dan untuk menghindari kekeringan dan perubahan iklim yang ekstrim pada lahan porang di pasang naungan atau paranet.


Pembibitan Pinang Batara sampai dengan Agustus 2022 telah terlaksana dan bibit siap tanam sebanyak 40.000 Batang untuk lahan sesuai kalender budidaya pada September 2022 siap untuk ditanam. Sama halnya dengan budidaya Porang, Bibit Pinang Batara saat ini juga telah diberi naungan untuk mengurangi resiko kekeringan. Pada perencanaan budidaya akan ditanam pada bulan September 2022.


Untuk lahan yang telah siap diolah seluas 30.000 m² dalam hal ini untuk tanaman porang seluas 10.000 m2 dan Pinang Batara 10.000 m2 (1 Ha) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli melaksanakan budidaya palawija dan hortikultura (Non Anggaran APBD) seluas 10.000 m2 sebagai upaya mengoptimalkan lahan di lokasi tersebut yang ber PH 3-5. Saat ini kegiatan Budidaya Palawija dan Hortikultura telah panen dan berkelanjutan.


Kegiatan budidaya Budidaya Palawija dan Hortikultura bertujuan sebagai media pembelajaran petani dan sebagai lahan produktif yang terus dikelola oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Gunungsitoli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini