Gunungsitoli (23/05/2022), Tagana Masuk Sekolah (TMS) merupakan sinergi Kementerian Sosial dan Kementrian Pendidikan serta implentasi surat edaran bersama Menteri Pendidikan Nomor 4 tahun 2019 dan Menteri Sosial RI No 1 tahun 2019 tentang mitigasi kebencanaan pada satuan pendidikan melalu program Tagana Masuk Sekolah (TMS). tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi siswa sehingga memiliki kecakapan dan kemampuan dalam menghadapi bencana.  TMS diresmikan Presiden Joko Widodo di Banten pada tahun 2019.

Tagana Masuk Sekolah di Kota Gunungsitoli dilaksanakan dari tanggal 17 s.d 23 Mei 2022 yang tersebar di sepuluh (10) sekolah tingkat  SD dan SMP di Kecamatan Gunungsitoli, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kecamatan Gunungsitoli Utara.  Dalam kegiatan itu, Tagana memberikan materi terkait pencegahan bencana seperti, banjir, tanah longsor, gempa, tsunami dan dan bencana-bencana yang lainnya, serta langkah apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. Mengingat bencana, adalah hal yang mengancam kehidupan dan penghidupan.   Kegiatan Tagana masuk sekolah ini menjadi hal yang menarik bagi peserta karena disamping diberikan materi tentang kebencanaan, peserta juga diajari praktek dan simulasi penyelamatan diri pada saat terjadi bencana.

Pada sesi akhir kegiatan Tim Tagana Kota Gunungsitoli menyerahkan piagam penghargaan dari Kementerian Sosial R.I serta media belajar kebencanaan kepada pihak sekolah.

Kepala Dinas Sosial Kota Gunungsitoli Everoni Mendrofa. SKM, M.Kes berharap para pelajar dapat mengimplementasikan pemahaman bencana kepada keluarga, teman dan masyarakat yang ada di lingkungannya tentang potensi bencana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini