Gunungsitoli (21/03/2022), Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melaksanakan penilaian kinerja pencegahan dan penurunan stunting tahun 2021 kepada seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 21 Maret 2022. Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Dr. Ir. Hasmirizal Lubis, M.Si. Acara dilanjutkan dengan pemaparan implementasi aksi konvergensi stunting masing-masing Kabupaten/Kota dihadapan Tim Penilai Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Gunungsitoli yang terdiri dari Kepala Bappelitbang Kota Gunungsitoli, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Kabid Penelitian dan Pengembangan, Kabid Kesehatan Masyarakat, Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Kasubbid Inovasi dan Teknologi, dan Kasubbag Program dan Keuangan Dinas PMD/K Kota Gunungsitoli.

Dalam pemaparannya, Plt. Kepala Bappelitbang Kota Gunungsitoli, Karya S. Bate’e, S.STP., MAP, menjelaskan bahwa keseluruhan aksi konvergensi pencegahan dan penurunan stunting (8 aksi) di Kota Gunungsitoli pada tahun 2021 telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya presentase kasus stunting di Kota Gunungsitoli dari 5,03% (2020) menjadi 4,3% pada akhir tahun 2021. “Pencapaian ini disadari belumlah maksimal, namun Pemerintah Kota Gunungsitoli telah berkomitmen untuk terus berupaya maksimal mengintervensi kasus stunting melalui penyusunan rencana aksi intervensi secara holistik integratif demi terwujunya generasi unggul menuju Indonesia Emas 2045” tambah Kepala Bappelitbang Kota Gunungsitoli. Stunting adalah masalah gizi kronis pada balita yang ditandai dengan tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak seusianya. Anak yang menderita stunting akan lebih rentan terhadap penyakit dan ketika dewasa berisiko untuk mengidap penyakit degeneratif. Dampak stunting tidak hanya pada segi kesehatan tetapi juga mempengaruhi tingkat kecerdasan anak.

Atas pencapaian tersebut, Tim Penilai Kinerja Pencegahan dan Penurunan Stunting Provinsi Sumatera Utara memberikan apresiasi Kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli. Diharapkan kedepannya, komitmen dan kinerja yang baik ini terus ditingkatkan sehingga kasus stunting di Kota Gunungsitoli dapat teratasi.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini