Gunungsitoli (22/12/2021), Walikota Gunungsitoli yang di wakili oleh Plt. Sekda Kota Gunungsitoli Motani Telaumbanua, SH membuka secara resmi Rapat Koordinasi Sosialisasi Survey Biaya Hidup (SHB) Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Gunungsitoli, bertempat di Kaliki Hotel and Resto, Jln. Yos Sudarso Ujung Gunungsitoli, Jumat 17 Desember 2021.

Plt. Sekda Kota Gunungsitoli Motani Telaumbanua, SH dalam sambutannya menyampaikan data memiliki peran yang sangat penting dalam siklus pembangunan baik tingkat nasional maupun daerah. Di awal pembangunan data berperan sebagai dasar penyusunan kebijakan pembangunan. Dalam pelaksanaan pembangunan, data berperan sebagai panduan dalam pembangunan agar sejalan dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan UU no 16 tahun 1997 tentang statistik disebutkan BPS menyediakan data statistik dasar dan lintas sektor sedangkan data sektoral menjadi tanggung jawab kementerian lembaga ataupun instansi.

Beliau juga menyampaikan SBH merupakan salah satu survey dalam menghasilkan data inflasi. “Selain survey harga konsumen, SHB Tahun 2022 dilatarbelakangi perubahan konsumsi masyarakat akibat perubahan teknologi, perilaku, selera dsb. SBH Tahun 2022 diperlukan penyesuaian tahun dasar akibat krisis dan pandemi Covid-19. Selain itu akibat perkembangan jenis kualitas barang dan jasa serta perubahan pasar seperti supermarket dan lainnya. Oleh karena itu saya meminta kepada Camat, Kepala desa, dan Lurah yang merupaan sample SBH Tahun 2022 untuk mendukung dan mensosialisasikan kepada masyarakat serta membantu petugas dalam melaksanakan survey di lapangan,” ujar Plt. Sekda Kota Gunungsitoli mengakhiri sambutannya.

Kepala BPS Kota Gunungsitoli Sabar Alberto Harianja, S.Si, MM dalam laporannya menyampaikan rapat koordinasi bertujuan mengkoordinasi dan menjalin kerjasama yang baik dengan seluruh jajaran Pemerintah dan pemangku kepentingan di Kota Gunungsitoli dalam menyebarluaskan informasi tentang SBH sebagai salah satu sumber dalam perhitungan Indeks Harga Konsumen. Rapat koordinasi sosialisasi bersifat forum diskusi interaktif dengan menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara, Dr.Syeh Suhaimin, SE. M.Si., dan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Gunungsitoli, Deslawati Zega, SH. M.Si.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkot Gunungsitoli, Kepala BPS Kabupatan Nias Tomry Aritonang, SE., M.Si, Peserta rapat dan hadirin lainnya.

(Press Release No. 304/PR-Diskominfo/2021 Tanggal 22 Desember 2021).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini