Kegiatan Rapat Kerja Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Tahun 2019 telah berlangsung dengan lancar dan sukses. Kota Tanjung Pinang di Provinsi Kepulauan Riau, terpilih sebagai tuan rumah tempat berlangsungnya RAKERWIL I di Tahun 2019. Rakerwil I APKESI 2019 ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Kepulauan Riau, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si di Mega Ballroom Hotel CK, Tanjung Pinang, Rabu 24 April 2019.

Gubernur Kepulauan Riau, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si menyampaikan sambutan pada Pembukaan RAKERWIL I APEKSI 2019, Mega Ballroom Hotel CK, Rabu (24/04/2019), SubHumas/DB

Pemerintah Kota Gunungsitoli sebagai peserta turut menghadiri agenda rapat tahunan tersebut, dipimpin langsung oleh Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli dan didampingi oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Bagian Adminstrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli beserta beberapa Kasubbag di Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli.

Adapun agenda kegiatan yang diikuti oleh Walikota Gunungsitoli beseta jajaran selama penyelenggaraan RAKERWIL I di Kota Tanjung Pinang yang berlangsung selama 3 hari terhitung sejak tanggal 23-25 April 2019 antara lain adalah pembahasan mengenai “Pengelolaan Keuangan Pendanaan Kelurahan” yang materinya dibawakan oleh narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri dan dilanjutkan dengan penyampaian materi Best Practice dari 3 Kepala Daerah yaitu Walikota Pekanbaru dengan materi “Mal Pelayanan Publik (MPP) Untuk Peningkatan Pelayanan dan Kemudahan Berusaha Menuju Kota Pekanbaru Smart City Madani (Lebih Dekat Dengan MPP)”; Walikota Medan dengan materi “Online Single Submission (OSS)”; dan Walikota Banda Aceh dengan materi “Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Mahirah Muamalah Syariah – Milik Pemerintah Kota Banda Aceh”.

Selain itu juga dilaksanakan agenda khusus Ladies Program yaitu berupa pelaksanaan seminar tentang “Etika Pergaulan, Komunikasi Efektif dan Membangun Strategi Dalam Organisasi” dan dirangkai dengan agenda City Tour untuk memperkenalkan wisata Kota Tanjung Pinang, dimana kegiatan ini diikuti oleh Ketua TPP PKK Kota Gunungsitoli, Ny. Sukartini Wau bersama perwakilan dari seluruh Pemerintah Kota yang tergabung di Komisi Wilayah I APEKSI.

Melalui kegiatan Rakerwil ini, Pemerintah Kota Tanjung Pinang berupaya memperkenalkan setiap potensi yang dimiliki oleh daerahnya kepada setiap kontingen Pemerintah Kota yang datang, diantaranya melalui kegiatan City Expo dan Pentas Kesenian, Pawai Budaya, Pagelaran Kesenian, serta juga mempererat makna persaudaraan diantara para peserta dengan melakukan penanaman pohon khas dari masing-masing daerah di komplek rumah dinas Walikota Tanjung Pinang.

Pada hari terakhir, dilaksanakan agenda Sidang Pleno yang membahas tentang Program Kerja Komisariat Wilayah I APEKSI Periode 2020 dan Rekomendasi untuk penyelenggaraan Rakernas 2019 di Kota Semarang dengan tema “Efektifitas Dana Kelurahan Dalam Mewujudkan Percepatan Pembangunan Insfrastruktur Dan Pemeberdayaan Masyarakat Di Kelurahan”. Adapun hasil yang diperoleh melalui pertemuan tersebut diantaranya adalah:

I. PROGRAM KERJA

II. REKOMENDASI

HMS.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini