Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE. M.Si menjadi inspektur upacara pada pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-73 di lingkup Kementerian Agama di Kota Gunungsitoli, Kamis 3 Januari 2019.

Pada Upacara yang berlangsung dengan khidmat di lapangan Upacara Kodim 0213 Nias tersebut Walikota menyampaikan sambutan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Dalam sambutan tersebut, Menteri Agama menyampaikan pesan-pesan tentang enam sasaran strategis program Kementerian Agama telah digariskan, yakni: meningkatnya kualitas kehidupan umat beragama, meningkatnya harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan, meningkatnya akses layanan pendidikan, meningkatnya mutu pendidikan agama dan keagamaan, dan peningkatan kualitas tata kelola pembangunan bidang agama. Beliau berharap enam sasaran tersebut harus tercermin dalam program kerja pusat dan daerah.

Selain itu, dalam sambutan tersebut dia menekankan mengenai pembinaan toleransi dan kerukunan antar-umat beragama, pengembangan moderasi beragama dan pembangunan akhlak bangsa perlu disuarakan lebih nyaring di ruang-ruang publik. Hal ini dimaknai sebagai sikap menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain. Sementara yang dimaksud dengan moderasi beragama adalah upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, yang terhindar dari bentuk pemahaman dan praktek keagamaan yang berlebih-lebihan dan ekstrem. Dalam kesempatan ini, beliau juga mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk turut memberikan dukungan bagi masyarakat yang terkena dampak dari peristiwa alam di beberapa wilayah seperti di Lombok, Palu, Banten dan Lampung. “Semoga bangsa Indonesia selalu dalam satu kesatuan menghadapi derita dan bahagia, dalam sukacita maupun dukalara” pesan beliau dalam sambutan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini