Pemerintah Kota Gunungsitoli, dalam hal ini  Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE, M.Si didampingi Sekda Kota Gunungsitoli, Ir. Agustinus Zega, dan Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Gunungsitoli menghadiri acara Peletakan Kembali benda bersejarah yaitu Meriam pada Tugu Meriam di Kelurahan Ilir Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli.

Kepala Dinas PUPR dalam laporannya menyampaikan bahwa pemugaran atau rekonstruksi Tugu Meriam ini semata-mata bertujuan untuk memperindah dan memperkokoh bangunan Tugu yang telah ada tanpa merubah bentuk Tugu termasuk posisi ke-enam buah Meriamnya, sehingga pemugaran ini diharapkan tidak mengubah nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.

Menyahuti hal tersebut, Dang Rumandung mewakili Tokoh Masyarakat Kelurahan Ilir dan sekitarnya menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian Pemerintah Kota yang telah memugar Tugu Meriam yang mana sebelumnya adalah peninggalan nenek moyang masyarakat Nias Pesisir dan keberadaannya layak untuk dilestarikan. Beliau juga mewakili masyarakat menyampaian rasa syukur atas inisiatif pemerintah dalam pembukaan ruas jalan baru di simpang Meriam tersebut sehingga memberi kenyamanan bagi masyarakat dalam berlalu lintas dan juga membuat posisi tugu meriam menjadi lebih menarik dan indah dipandang.

Sebelum prosesi peletakan kembali ke-enam buah Meriam pada Tugu Meriam ini, H. Abdul Hadi, SH dalam pengantarnya menceritakan selayang pandang keberadaan Tugu Meriam di Kelurahan Ilir secara ringkas, yang mana sebagai benda pusaka yang memiliki nilai budaya dan sejarah. Beliau berpesan hendaknya Meriam-meriam ini senantiasa dijaga dan dilestarikan. Ia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli yang telah memikirkan dan memfasilitasi keberadaan Tugu Meriam di Kelurahan Ilir ini sehingga kelak lebih indah, lebih kokoh dan menjadi kebanggaan warga Kota Gunungsitoli.

Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE, M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih yang tinggi atas kebersamaan dan kekeluargaan yang tetap terjaga di masyarakat Kelurahan Ilir Kecamatan Gunungsitoli ini sehingga pemugaran Tugu Meriam dan Pembukaan ruas jalan baru di Tugu Meriam dapat terlaksana dengan baik sesuai Visi dan Misi Pemerintah Kota Gunungsitoli. Beliau menyampaikan rasa bangga atas adanya kebersamaan serta kemufakatan dengan warga untuk memperindah dan memperkokoh Tugu Meriam ini.

Beliau juga menyampaikan kepada generasi muda agar senantiasa menjaga dan merawat Tugu Meriam kebanggaan warga Kota Gunungsitoli ini mulai dari sekarang hingga di masa yang akan datang, sekaligus juga menjaga sejarahnya mengingat Tugu Meriam ini merupakan warisan leluhur yang memiliki nilai budaya dan sejarah bagi masyarakat pesisir Kota Gunungsitoli.

Turut hadir dalam acara ini Camat Gunungsitoli, Kepala Perangkat Daerah, mewakili Forkopimka, Lurah Ilir dan Lurah Saombo, para Tokoh Adat, Tokoh Budaya dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan beserta segenap undangan dan warga Kelurahan Ilir dan sekitarnya. HMS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini