Peran strategis sektor pertanian di Kota Gunungsitoli berkontribusi nyata dalam penyediaan bahan pangan dan sumber utama pendapatan rumah tangga perdesaan. Upaya mencapai target kedaulatan pangan dilakukan dengan cara mengatasi keterbatasan akses petani terhadap pembiayaan dan diseminasi teknologi pertanian dengan cara melakukan alokasi anggaran dalam bentuk bantuan Alat Mesin Pertanian dan Pupuk Gratis.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua dihadapan para kelompok tani pada saat acara Penyerahan Pupuk Gratis dan Alat Mesin Pertanian kepada Kelompok Tani di Kota Gunungsitoli. Acara yang berlangsung di halaman kantor Dinas Pertanian Kota Gunungsitoli pada hari ini, Kamis 11 November 2018 berlangsung lancar dan tertib.

Penyediaan Alsintan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk membuka peluang lapangan kerja. “Saya mengharapkan, dengan adanya bantuan Alsintan, bantuan pupuk gratis, dapat menarik minat kaum muda di Kota Gunungsitoli khususnya, terutama yang masih belum memiliki sumber penghasilan, dapat ikut terjun dan terlibat membangun sektor pertanian di Kota Gunungsitoli. Semoga dengan demikian, secara kualitas dan kuantitas hasil pertanian kita dapat semakin meningkat juga” ujar beliau dalam arahannya.

Kegiatan pemberian Bantuan Alsintan ini telah dilaksanakan juga di tahun 2017 dan dilanjutkan kembali di tahun ini. Adapun jenis bantuan yang diberikan antara lain: Traktor roda 2 (15 unit), Cultivator (10 unit), Pompa Air (6 unit),Handsprayer (52 unit), dan Pupuk Gratis dengan anggaran senilai Rp. 440.405.225.

Walikota mengingatkan agar pemberian bantuan ini memberikan dampak dan hasil yang positif mengingat kebutuhan akan pangan terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk di Kota Gunungsitoli.

Atas nama Pemerintah Kota Gunungsitoli, beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. “Saya ucapkan selamat kepada para petani penerima bantuan. Juga kepada pihak TNI, khususnya kepada Bapak Dandim 0213/Nias. Apresiasi yang besar saya ucapkan atas keterlibatannya bersama seluruh jajaran dalam kerjasama dengan seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli dalam membangun pertanian di daerah yang kita cintai ini” ujar beliau di akhir arahannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini