Jumat, 13 Desember 2019

Wajah Baru Objek Wisata Air Terjun Humogo

Menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan adalah salah satu pilihan paling tepat untuk dapat kita dilakukan setelah sepanjang hari sebelumnya disibukkan dengan aktifitas sehari-hari yang padat. Tentunya waktu libur diakhir pekan ini dapat digunakan untuk berkumpul bersama dengan keluarga di rumah. Namun bagi yang memutuskan untuk mencari kesegaran dan menjernihkan pikiran dengan berekreasi bersama orang-orang tercinta di luar rumah, Kota Gunungsitoli menyediakan beberapa tempat rekreasi luar ruangan yang dapat menjadi pilihan. Diantaranya seperti Kawasan Taman Ya’ahowu, Tugu Peringatan Gempa, Museum Pusaka Nias, maupun Pantai Hoya. Kesemuanya menawarkan keunikan dan sensasinya masing-masing.

Namun demikian jangan melupakan salah satu objek wisata yang terletak di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi yang beberapa saat lalu booming dikalangan pecinta rekreasi wisata alam di Kota Gunungsitoli. Objek wisata tersebut adalah Air Terjun Humogo.

Objek wisata Air Terjun Humogo yang terletak sekitar 18 Km dari pusat Kota Gunungsitoli ini, sekarang sudah bersolek diri sehingga penampilannya jauh lebih cantik dan menarik. Beberapa pembenahan dan penambahan fasilitas pedukung agar menambah kenyamanan pengunjung/wisatawan telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Salah satunya adalah akses masuk menuju lokasi air terjun yang dulunya cukup sulit untuk dilalui oleh kendaraan bermotor, sekarang telah diaspal mulus sehingga kendaraan roda 4 (empat) sekalipun dapat memasuki kawasan ini dengan aman. Selain itu, disediakan juga area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan yang letaknya tidak terlalu jauh dari area air terjun, sehingga para pengunjung dapat berjalan kaki dari areal parkir sambil berolahraga ringan dan menghirup udara yang segar.

Untuk kenyamanan para pejalan kaki, di lokasi ini telah dibangun jalur khusus untuk pedestrian terutama pada ruas yang cukup terjal sehingga terhindar dari resiko terpleset, khususnya di musim penghujan.

Fasilitas seperti pondok-pondok terbuka untuk bersantai pun telah disediakan dengan akses undakan yang dicat dengan warna-warni yang membuat pengunjung akan semakin menikmati suasana alam yang asri di kawasan objek wisata ini. Selain itu, toilet umum juga telah sediakan sehingga pengunjung yang ingin bersalin/bertukar baju maupun dalam keadaan darurat karena “panggilan alam” πŸ˜€ tidak perlu bingung untuk mencari tempat yang pantas.

Perlu diketahui bahwa Air Terjun Humogo ini cukup unik karena memiliki bentangan air terjun yang cukup lebar dikedua sisi. Tinggi air terjunnya mencapai 8 (delapan) meter dan lebarnya kurang lebih 8 (delapan) meter juga. Di sini para wisatawan dapat menikmati segarnya air terjun yang mengalir sambil berendam di dalam kolam air alami yang tidak terlalu dalam. Tentunya bagi keluarga yang membawa serta anak-anak, agar lebih memperhatikan keamanan si buah hati dan menyadari pentingnya pengawasan ekstra.

Untuk menjaga kelestarian alam kawasan objek wisata ini tentunya juga perlu kesadaran dari diri kita masing-masing sebagai pengunjung dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun merusak fasilitas umum yang tersedia di tempat ini. Sebaiknya dihindari keinginan untuk meninggalkan kesan berlebihan di tempat ini dengan cara yang salah seperti mencoret-coret batu,mengukir batang pohon dan perilaku-perilaku vandalisme lainnya.

Fasilitas-fasilitas pendukung lainnya tentu akan segera ditambahkan dan diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2019 ini. Jadi tunggu apalagi, mari kita beramai-ramai mengunjungi objek wisata kebanggaan Kota Gunungsitoli ini. Apalagi dengan cuaca terik dan cukup panas di hari ini, menikmati udara alam yang asri dan kesegaran air terjun yang alami tentu adalah pilihan yang tepat.

Selamat Berwisata!

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN KOTA GUNUNGSITOLI TAHUN 2019

Gunungsitoli (10/11) Pemerintah Kota Gunungsitoli melaksanakan upacara penaikan bendera dalam rangka memperingati hari pahlawan ke-74 kota Gunungsitoli tahun 2019 di Halaman Kantor Walikota Gunungsitoli, yang diikuti oleh segenap Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Wakil Walikota Gunungsitoli, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Perwira TNI/POLRI beserta segenap ASN lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, dan yang bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua. Adapun tema yang diangkat dalam peringatan Hari Pahlawan ke-74 tahun 2019 ini yaitu β€œAku Pahlawan Masa Kini”

Walikota Gunungsitoli dalam amanatnya membacakan Sambutan Menteri Sosial RI, yang mana mengimbau segenap peserta upacara untuk memaknai Peringatan Hari Pahlawan yang digelar setiap tahunnya ini sebagai momentum untuk dapat mengingat dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan kita. Sebagaimana pesan dari Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno yaitu β€œBangsa yg besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya”

Lebih lanjut Walikota mengajak seluruh peserta upacara untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa, dengan aksi nyata dalam memperkuat keutuhan NKRI, saling tolong menolong dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama, tidak menyebarkan isu hoaks, memprovokasi massa dan anarkis dan tindakan lainnya yang dapat merongrong persatuan dan kesatuan bangsa. Kita sebagai generasi penerus bangsa hendaknya mewarisi semangat kepahlawanan para pendahulu kita, tidak harus dengan mengorbankan harta benda dan nyawa ataupun mengangkat senjata mengusir penjajah, akan tetapi kita sebagai Pahlawan Masa Kini hendaknya bisa mengukir prestasi dengan membawa harum nama Bangsa Indonesia di mata internasional, melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa dengan wujud nyata bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju dan dengan mencintai tanah air dan bangsa serta menjaganya hingga akhir hayat.

Upacara penaikan bendera berlangsung khidmat, yang turut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli, Ketua Persit Candra Kirana Kodim 0213/Nias, Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekretaris Daerah, mewakili Kementerian Agama Kota Gunungsitoli, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Usai pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera, Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli bersama dengan segenap Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli bertolak menuju Taman Makam Pahlawan Desa Mudik, guna melaksanakan Upacara Ziarah Nasional dalam rangka menghormati arwah para Pahlawan yang telah gugur. Bertindak selaku Inspektur Upacara pada Ziarah Nasional ini adalah Dandim 0213/Nias, Lobuan Simbolon.

***

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui akun media sosial:

πŸ” FB : Humas Pemko

πŸ“· IG : @humas_pemko_gunungsitoli

πŸŽ₯ YT : Humas Pemko Gunungsitoli

🌐 : www.gunungsitolikota.go.id

=====================================

Surat Edaran Tentang Partisipasi Menyemarakkan Hari Jadi Kota Gunungsitoli Ke – 11 Tahun 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Gunungsitoli Ke – 11 Tahun 2019, maka kami mengharapkan kiranya Bapak / ibu dapat turut serta menyemarakkan peringatan Hari Jadi Kota Gunungsitoli tersebut dengan mempedomani beberapa hal sebagai berikut :

  • Himbauan Menyemarakkan
  1. Thema β€œ Bergerak Dalam Harmoni β€œ
  2. Memasang umbul – umbul, dekorasi atau hiasan lainnya secara serentak di lingkungan instansi Bapak / ibu mulai tanggal 1 s/d 30 November 2019
  3. Memasang spanduk di depan kantor instansi Bapak /Ibu dengan redaksi sebagaimana terlampir.
  4. Memanfaatkan secara maksimal desain logo Hari Jadi Kota Gunungsitoli Ke – 11 Tahun 2019 yang dapat di unduh pada https://gunungsitolikota.go.id ke dalam berbagai media (website/media sosial baik instansi maupun pribadi, souvenir, kendaraan dll)
  5. Khusus kepada Camat , Kepala Desa dan Lurah se – Kota Gunungsitoli agar dapat menginformasikan hal ini kepada seluruh lapisan masyarakat.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik diucapkan terimakasih.

  1. Surat Edaran

https://drive.google.com/file/d/182Hue_FlzdxB3lgMFia9tPhdGdhp1kC7/view?usp=sharing

2. Logo Peringatan Hari Jadi Kota Gunungsitoli Ke 11 Tahun 2019

https://drive.google.com/file/d/1XANqixKmIm7AwMojBlWuxReZpAuRBb5S/view?usp=sharing

3. Redaksi Spanduk / Baliho

https://drive.google.com/file/d/1N447ZnvW1sq1IV0FxhG64bDO80uxy2mz/view?usp=sharing

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI PENJABAT KEPALA DESA DI KOTA GUNUNGSITOLI TAHUN 2019

Gunungsitoli, Kamis (10/10) Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan Kota Gunungsitoli menggelar acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Penjabat Kepala Desa di Kota Gunungsitoli Tahun 2019 bertempat di Ruang Rapat Lt. II Kantor Walikota Gunungsitoli.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Penjabat Kepala Desa yang dilaksanakan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 serta Peraturan Daerah Kota Gunungsitoli Nomor 5 Tahun 2018 Pasal 82 yang mengamanatkan Penjabat Kepala Desa diambil sumpah/janji dan dilantik oleh Walikota atau Pejabat yang dihunjuk untuk itu.

Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE. M.Si yang melantik secara resmi sekaligus mengambil sumpah/janji para Penjabat Kepala Desa yang berjumlah 8 (delapan) orang ini dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam menjalankan dan melaksanakan kewenangan desa tersebut, pemerintahan desa dimpimpin dan dikendalikan oleh seorang Kepala Desa. Dalam hal ini Penjabat Kepala Desa juga bertanggungjawab dalam hampir semua aspek kehidupan masyarakat desa. Sebagai Penjabat Kepala Desa sangat menentukan sukses-tidaknya atau maju-mundurnya desa yang dipimpin kedepannya.

Beliau berharap kepada Kepala Desa yang baru saja dilantik untuk dapat menjalankan tugas dan amanah dengan penuh tanggungjawab sesuai dengan sumpah/janji yang telah diikrarkan tadinya, untuk menata dan memajukan desa, serta membangun kemitraan dengan seluruh komponen yang ada di desa sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat ke arah yang lebih baik lagi.

Atas nama Pemerintah Kota Gunungsitoli, Wakil Walikota menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Pejabat (Pj) Kepala Desa yang telah memasuki Purna Bakti dan mengucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama ini, yang akan senantiasa di ingat dan dikenang oleh masyarakat, seraya berharap agar pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh dapat ditularkan kepada Penjabat Kepala Desa yang baru dilantik ini dalam bentuk dukungan dalam pelaksanaan tugas menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik.

Diakhir arahannya, Wakil Walikota meminta para Camat supaya segera memfasilitasi pelaksanaan serah terima dari pejabat Kepala Desa lama kepada pejabat baru dalam waktu yang tidak terlalu lama, serta tetap memantau, mengevaluasi, mengarahkan dan mendampingi desa dalam setiap pelaksanan dan penyelenggaraan desa. Usai pelantikan, mewakili Pemerintah Kota Gunungsitoli, Wakil Walikota menyematkan tanda pangkat dan tanda jabatan secara resmi sekaligus memberikan ucapan selamat kepada kedelapan Penjabat Kepala Desa yang didampingi keluarga.

Adapun nama-nama Penjabat Kepala Desa yang baru saja dilantik pada hari ini yaitu:

  1. Samsul Sidik Telaumbanua, SE (Penjabat Kepala Desa Miga, Kecamatan Gunungsitoli);
  2. Dedi Sulaeman Ziliwu, SKM (Penjabat Kepala Desa Hambawa, Kecamatan Gunungsitoli Utara);
  3. Anwardin Zega (Penjabat Kepala Desa Afia, Kecamatan Gunungsitoli Utara);
  4. Elifati Lawolo (Penjabat Kepala Desa Binaka, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi);
  5. Duhuaro Jhon Arianto Ziliwu (Penjabat Kepala Desa Lasara Sowu, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi);
  6. Sepsola Fide K. Zamasi, S.Pd (Penjabat Kepala Desa Tetehosi I, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi);
  7. Elriansyah Gulo, ST (Penjabat Kepala Desa Fowa, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi);
  8. Hardin Fotani Harefa, SE (Penjabat Kepala Desa Mazingo Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli Selatan).

Turut hadir dalam pelantikan ini Asisten Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Camat se-Kota Gunungsitoli, para Tokoh Masyarakat, kaum kerabat/keluarga dari Penjabat yang dilantik beserta segenap tamu undangan lainnya.

*

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui akun media sosial:
πŸ” FB : Humas Pemko
πŸ“· IG : @humas_pemko_gunungsitoli
πŸŽ₯ YT : Humas Pemko Gunungsitoli

🌐 : www.gunungsitolikota.go.id

LEMBAGA PENGEMBANGAN CSR INDONESIA (LPCI) MENARGETKAN PEMBANGUNAN LAMPU PEDESAAN DI SELURUH KECAMATAN DI KOTA GUNUNGSITOLI

Gunungsitoli, Senin (7/10) Pemerintah Kota Gunungsitoli, dalam hal ini Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua didampingi Wakil Walikota Sowa’a Laoli, SE, M.Si dan Asisten Setda Kota Gunungsitoli menghadiri pelaksanaan acara Peletakan Batu Pertama pembangunan lampu pedesaan di desa Lelewonu Niko’otano Kecamatan Gunungsitoli, bertempat di area jalan Goa Togindrawa, lokasi wisata yang tengah viral di Kota Gunungsitoli akhir-akhir ini.

Sebagai fasilitator dari pembangunan lampu pedesaan ini, LPCI sangat mengapresiasi dukungan dan kerjasama dari Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam menyukseskan program Pemerintah untuk menjadikan Indonesia yang Terang Benderang.
LPCI telah menargetkan penerima manfaat lampu pedesaan adalah seluruh desa yang berada di wilayah Kota Gunungsitoli dan tahap pertama 40 desa dari 6 kecamatan di Kota Gunungsitoli.

Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua dalam arahannya menyampaikan ungkapan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan oleh pihak LPCI serta mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama desa penerima manfaat, untuk bersama-sama menjaga suasana yang kondusif selama pembangunan lampu pedesaan dan infrastruktur sipil di wilayah Kota Gunungsitoli.

Peletakan batu pertama pembangunan lampu pedesaan dan infrastruktur sipil ini turut dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Camat Gunungsitoli, dan Kepala Desa Lelewonu Niko’otano dan beberapa Kepala Desa lainnya beserta segenap undangan dan Tokoh Masyarakat desa setempat.

***

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui akun media sosial:
πŸ” FB : Humas Pemko
πŸ“· IG : @humas_pemko_gunungsitoli
πŸŽ₯ YT : Humas Pemko Gunungsitoli
🌐 : www.gunungsitolikota.go.id
=====================================

SEMINAR PEMBINAAN KARAKTER PELAJAR KRISTEN DAN KATOLIK DI KOTA GUNUNGSITOLI

Gunungsitoli, Rabu (8/10) Pemerintah Kota Gunungsitoli, dalam hal ini Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE, M.Si, didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Kota Gunungsitoli Folata Mendrofa dan Kepala Bagian Kesra Setda Kota Gunungsitoli Marthin Luther Zendrato menghadiri Seminar Pembinaan Karakter Pelajar Kristen dan Katolik di Wilayah Kota Gunungsitoli yang dilaksanakan di Aula STT Sunderman Gunungsitoli.

Wakil Walikota dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini serta menyampaikan rasa apresiasi yang tinggi kepada Panitia Raising the standard ministry yang telah mengadakan kegiatan ini dan ambil bagian dalam rangka membekali para pelajar Kristen dan Katolik di Kota Gunungsitoli.

Lebih lanjut beliau memaparkan bahwa karakter yang baik tidaklah serta merta dimiliki oleh seseorang akan tetapi harus dibina dan dibentuk melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti ini. Jika dilihat kembali cerita kejatuhan manusia kedalam dosa, bahwa perbuatan dosa tidak hanya membuat hubungannya dengan Allah menjadi rusak, namun kehidupan manusia sendiri juga turut rusak. Oleh karena itu, beliau mengingatkan kepada seluruh peserta seminar, yang mana terdiri dari para pelajar Kristen dan Katolik se-Kota Gunungsitoli sebagai generasi penerus bangsa di masa yang akan datang, hendaknya membekali diri dengan wawasan dan pengetahuan yang banyak, serta lebih berhati-hati akan pengaruh negatif era teknologi dan komunikasi yang semakin maju saat ini, menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan dapat merongrong keimanan para generasi muda dan menjauhkan diri dari kehidupan yang tidak bermoral akibat karakter yang tidak dibina dan dibentuk sejak dini sebagaimana banyak kita saksikan di media-media pemberitaan saat ini. Beliau meminta agar para pelajar hendaknya memfokuskan diri dengan menuntut ilmu, belajar dengan baik dan sungguh-sungguh sehingga mampu bersaing dan berkompetisi di tingkat Nasional bahkan Internasional.

Diakhir arahannya, Wakil Walikota menitipkan pesan kepada seluruh pelajar agar dapat mengikuti seminar ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga mampu dijadikan bekal kedepan dan dapat diimplementasikan dalam diri sendiri, keluarga, lingkungan sekolah dan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-harinya.da Beliau juga mengharapkan kepada Panitia Pelaksana adanya tindak lanjut kedepan karena kegiatan seperti ini sangat perlu utk mempersiapkan anak-anak muda Kristen dan Katolik yang ada di pulau Nias utk melangkah lebih maju di masa yang akan datang.

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui akun media sosial:
πŸ” FB : Humas Pemko
πŸ“· IG : @humas_pemko_gunungsitoli
πŸŽ₯ YT : Humas Pemko Gunungsitoli
🌐 : www.gunungsitolikota.go.id
=====================================

PEMBUKAAN KONSOLIDASI KEPENGURUSAN BPD SE-KOTA GUNUNGSITOLI TAHUN 2019

Gunungsitoli, Rabu (2/10)

Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (PMD/K) Kota Gunungsitoli melaksanakan acara Konsolidasi Kepengurusan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se-Kota Gunungsitoli yang dibuka langsung oleh Walikota Gunungsitoli, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Ir. Agustinus Zega bertempat di Ruang Rapat Lt. II Kantor Walikota Gunungsitoli.

Walikota Gunungsitoli, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Ir. Agustinus Zega Agus Zega dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap perangkat daerah terkait yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sebagai tahapan dari persiapan pemilihan Pengurus BPD di setiap desa secara demokratis, sistematis dan terkoordinir sebagaimana telah diatur dalam perundang-undangan yang berlaku bahwa persiapan pemilihan keanggotaan BPD selambat-lambatnya 6 (enam) bulan sebelum masa kerja BPD berakhir. Beliau berharap agar BPD dapat memahami Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) dengan baik dalam penyelenggaraan pemerintah desa baik sebagai aparat maupun sebagai BPD dan bersinergi dengan Kepala Desa dalam rangka mensejahterakan masyarakat desa, pelaksanaan ABPDes dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran masyarakat desa. Selain itu, BPD diharapkan dapat menghimpun dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta mampu melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa sebagaimana tercantum dalam pasal 46 Permendagri dalam bentuk pendampingan, monitoring dan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan pemerintahan desa. Untuk itu, Sekda mengimbau BPD untuk lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya karena BPD dan Kepala Desa memiliki variabel yang berbanding lurus terhadap optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan desa, termasuk kualitas pelaksanaan APBDes bagi masyarakat desa.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari berturut-turut dan rencana nya akan ditutup pada tanggal 3 Oktober 2019 ini bertujuan untuk mensinkronkan data BPD se-Kota Gunungsitoli, menyepakati jadwal pengisian keanggotaan BPD se-Kota Gunungsitoli secara serentak, dan terlaksananya tahapan pengisian keanggotaan BPD di setiap desa. Kegiatan ini diikuti oleh 306 peserta yang mana terdiri dari 98 Kepala Desa dan 196 Pengurus BPD serta 12 orang pegawai Kantor Kecamatan se-Kota Gunungsitoli, dengan materi yang dibahas mengenai Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian BPD, Tugas Pokok dan Fungsi BPD, Mekanisme penghitungan jumlah keanggotaan BPD, Peranan Inspektorat dalam Pembinaan dan Pengawasan serta Mekanisme Perhitungan dan Penganggaran Biaya, yang diisi oleh 5 orang Narasumber yaitu Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas PMD/K Kota Gunungsitoli, Inspektur Kota Gunungsitoli dan Kepala BPKPD Kota Gunungsitoli.

Turut hadir Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Gunungsitoli, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Camat dan Lurah/Kepala Desa se-Kota Gunungsitoli dan segenap undangan lainnya.


Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui akun media sosial:
πŸ” FB : Humas Pemko
πŸ“· IG : @humas_pemko_gunungsitoli
πŸŽ₯ YT : Humas Pemko Gunungsitoli

🌐 : www.gunungsitolikota.go.id

WALIKOTA GUNUNGSITOLI TERIMA PENGHARGAAN SEBAGAI PEMDA TERBAIK DALAM DAK FISIK DAN DANA DESA TAHUN 2018

Medan, Rabu (2/10)

Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Gunungsitoli, Yasokhi T. Harefa, SE, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Pemerintah Daerah dengan tema “Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah” bertempat di Ruang Kuala Namu Lt. 9, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Jl. Balai Kota Nomor 4 Kesawan, Medan-Sumut.

Rapat Koordinasi ini selain diisi dengan diskusi panel dan MoU, juga pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah dan beberapa Satuan Kerja terbaik tahun 2018. Dan dalam kesempatan ini Walikota Gunungsitoli menerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah terbaik dalam DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2018 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Utara, Otoritas Jasa Keuangan, Ditjen Perbendaharaan (DJPb), perwakilan BPS Sumut, para Kepala Daerah se-Sumatera Utara beserta segenap tamu dan undangan lainnya.


Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui akun media sosial:
πŸ” FB : Humas Pemko
πŸ“· IG : @humas_pemko_gunungsitoli
πŸŽ₯ YT : Humas Pemko Gunungsitoli

🌐 : www.gunungsitolikota.go.id

PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI KOTA GUNUNGSITOLI

Gunungsitoli, Selasa (1/10) Pemerintah Kota Gunungsitoli memperingati Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2019 di Halaman Kantor Walikota Gunungsitoli, yang mengangkat tema “Pancasila sebagai dasar penguatan karakter Bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia” dan dihadiri oleh Walikota Gunungsitoli, Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Wakapolres Nias, Kepala BNN Kota Gunungsitoli, Kepala Pos TNI AL, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Asisten Sekda, Staf Ahli Walikota dan para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli beserta segenap ASN, TNI dan Polri se-Kota Gunungsitoli.

Upacara berlangsung khidmat, yang mana diisi dengan pembacaan Naskah Ikrar oleh Wakil Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Martinus Lase, SH dan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Dandim 0213 Nias.

**

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui akun media sosial:
πŸ” FB : Humas Pemko
πŸ“· IG : @humas_pemko_gunungsitoli
πŸŽ₯ YT : Humas Pemko Gunungsitoli

🌐 : www.gunungsitolikota.go.id

PEMBUKAAN KONSULTASI PEMUDA BNKP TINGKAT SINODAL

Gunungsitoli, Jumat (27/9) Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Gunungsitoli bersama dengan beberapa Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli menghadiri kegiatan Konsultasi Pemuda BNKP tingkat Sinodal di Kota Gunungsitoli, bertempat di Aula Retret Laverna Gunungsitoli.

Kegiatan Konsultasi Pemuda ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut mulai tanggal 27 dan puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 29 September yang mana diisi dengan kegiatan Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Pemuda yang direncanakan akan digelar di Aula STT BNKP Sunderman Gunungsitoli.

Mewakili pemuda, Lestarman Gulo, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa para pemuda berterimakasih atas perhatian dari Gereja dan juga Pemerintah yang telah melaksanakan kegiatan konsultasi kepemudaan ini demi membangun karakter dan semangat serta motivasi para pemuda BNKP dalam melakukan pelayanan di tengah-tengah masyarakat di Kota Gunungsitoli. Ia menyampaikan bahwa saat ini generasi milenial diharapkan dapat menjadi generasi yang dapat diandalkan dan mampu menjadi pijar bagi sekitarnya. Selain itu, Pemuda juga dapat menjadi penggagas sekaligus pengguna medsos yang baik yang terjauh dari penyebaran isu-isu hoaks dan isu yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa. Lebih mulianya lagi pemuda diharapkan dapat menjadi agent of change di negeri ini, karena pemuda berperan menciptakan perubahan yang lebih baik dalam pelayanan gereja, dan juga kehidupan masyarakat supaya pemuda menjadi berkat, sebagaimana janji yang telah diikrarkan yakni bersekutu, bersaksi dan melayani.

Walikota Gunungsitoli yang membuka secara resmi kegiatan ini dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Gunungsitoli sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini sembari menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ephorus BNKP yang telah memfasilitasi kegiatan rohani kepemudaan seperti ini. Beliau menyampaikan kepada seluruh hadirin bahwa sudah seharusnya kita bersama-sama menjaga para pemuda sebagai generasi milenial yang akan melanjutkan kepemimpinan bangsa ini. Seiring dengan hal ini, kecanggihan teknologi dan media sosial semakin maju dan berkembang sehingga dalam waktu yang relatif cepat kita dapat mengetahui perkembangan dunia masa kini, termasuk informasi yang dikemas dalam berbagai macam. Tentu hal ini tidak menutup kemungkinan penyalahgunaan alat komunikasi dan teknologi ke arah negatif yang dapat memicu perpecahan diantaranya menyebarkan berita hoaks, isu negatif dan banyak lagi.

Beliau melanjutkan bahwa tentunya hal ini menjadi perhatian kita bersama, kita tidak boleh terpengaruh penyebaran isu hoax dan sejenisnya yang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya maka beliau mengimbau pemuda tidak seharusnya terprovokasi dengan hal-hal negatif seperti itu. Karena pembangunan Kota Gunungsitoli tidak terlepas dari peran dan andil pemuda. Beliau menitip pesan kepada para pemuda untuk bersama-sama mengajak masyarakat supaya terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan, agar hal ini dapat seiring sejalan dengan upaya Pemerintah menciptakan masyarakat yang aman, tertib dan nyaman serta supaya generasi muda di Kota Gunungsitoli terhindar dari hal-hal seperti ini.

Di akhir arahannya, Walikota memberikan motivasi kepada para pemuda dengan menitipkan 5 point, yakni:
1. Visi yg jelas dan bersih;
2. Harus gigih untuk mencapai target;
3. Kritis;
4. Sarat akan pengetahuan dan keteladanan;
5. Hubungan sosial yang baik perlu memiliki kredibilitas agar dapat dipercaya.

Dalam kesempatan ini persatuan Pemuda Gereja menyerahkan tanaman hijau kepada Walikota sebagai ungkapan rasa terimakasih dan sekaligus melambangkan upaya pemuda saat ini untuk menjaga keasrian dan lingkungan yang aman, bersih, nyaman dan damai.

Turut hadir dalam acara ini Ephorus BNKP, Utusan dari PGI, Utusan Pemuda dari masing-masing Gereja beserta segenap hadirin lainnya.

Ayo follow, subscribe, like, share dan update informasi tentang Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui akun media sosial:
πŸ” FB : Humas Pemko
πŸ“· IG : @humas_pemko_gunungsitoli
πŸŽ₯ YT : Humas Pemko Gunungsitoli
🌐 : www.gunungsitolikota.go.id
=====================================

Ya’ahowu!!

Kabar gembira untuk seluruh masyarakat Kota Gunungsitoli…!

Kini telah hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Gunungsitoli fitur pembayaran pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara mudah, akurat, dan terpercaya.

Untuk pelunasan yang lebih mudah sekarang masyarakat dapat menghubungi nomor hp/wa: 08116260027 atau fb: bidang pendapatan kota gunungsitoli. Pembayaran juga dapat dilakukan di seluruh unit kerja dan e-channel BRI, selambat-lambatnya tanggal 30 September 2019.

Hayuk, Bapak/Ibu/Abang/Kakak…
Mari kita lunasi Pajak Bumi dan Bangunan sebelum jatuh tempo, karena keterlambatan pembayaran dikenakan denda 2% per bulan lho..!

Saohagolo!